KITE IKM Presiden Jokowi Mendukung Ekspor Kerajinan Tembaga Boyolali

Home/Gallery/KITE IKM Presiden Jokowi Mendukung Ekspor Kerajinan Tembaga Boyolali

KITE IKM Presiden Jokowi Mendukung Ekspor Kerajinan Tembaga Boyolali

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke wilayah kabupaten Boyolali jawa tengah. Guna untuk meluncurkan kebijakan baru yang di buatnya. Kebijakan KITE IKM Presiden Jokowi tersebut adalah Kebijakan Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor bagi Industri Kecil dan Menengah atau di singkat KITE-IKM. Presiden tiba di kabupaten Boyolali pada Senin 30 januari 2017 di mana kebijakan ini turut mendukung usaha – usaha kecil – menengah. Hal ini bertujuan juga agar menggenjot pasar ekspor IKM tersebut melalui insentif fiskal dan kemudahan ekspor.

Kontribusi IKM indonesia terhadap ekspor nasional masih sangat lah rendah jika di bandingkan dengan negera lain di Asia Pasifik. Hal ini di perkuat pada catatan IKM dalam hal ekspor tahun 2015 hanya sebesar 15,8 persen saja. Tentu angka tersebut jauh lebih kecil di bandingkan dengan IKM negara Thailand terhadap ekspor hingga 29,5 persen di ikuti dengan Filipina 20 persen.

KITE IKM Presiden Jokowi Berkunjung Ke Sentra Kerajinan Tembaga

Presiden mengatakan, bahwa dengan diluncurkannya Fasilitas KITE IKM Presiden Jokowi ini, diharapkan dapat memberikan bantuan kepada para pelaku usaha yang bergerak di industri kecil dan menengah agar dapat meningkatkan ekspor. Hal ini di katakan di depan pers ketika kunjungannya di sentra kerajinan tembaga tumang boyolali jawa tengah.

KITE IKM Presiden Jokowi Berharap Ekspor IKM Lebih Meningkat

Pada hasil riset di lapangan bahwa seretnya aktifitas ekspor ini di karenakan sulitnya prosedur akan ekspor impor ke luar negeri. Maka dari itu lah KITE IKM Presiden Jokowi insentif fiskal dan juga kemudahan prosedur supaya IKM lebih bersemangat. Hal ini akan turut membuat aktifitas ekspor menigkat, penyerapan tenaga kerja lebih tinggi,  kontribusi terhadap produk domestik bruto lebih besar, serta menciptakan desa – desa wisata IKM.

Pada waktu Presiden Joko Widodo berkunjung ke Sentra Kerajinan Tembaga Tumang. Presiden juga menyaksikan penandatanganan kesepakatan antara Menteri Keuangan dan Menteri Perindustrian, dalam hal Pengembangan Industri Kecil dan Industri Menengah (IKM), dalam lingkup Penjaminan Asuransi serta Jasa Konsultasi IKM Berorientasi Ekspor.

Untuk KITE IKM Presiden Jokowi di harapkan pengrajin tembaga asal cepogo boyolali dapat lebih mudah mengekspor dan juga memiliki penyerapan tenaga kerja yang lebih tinggi.

By | 2017-03-27T09:14:43+00:00 Maret 27th, 2017|Gallery|0 Comments

About the Author: