Perabot Tembaga dan Kuningan Efektif Membunuh Bakteri

//Perabot Tembaga dan Kuningan Efektif Membunuh Bakteri

Perabot Tembaga dan Kuningan Efektif Membunuh Bakteri

Jakarta- Perlengkapan rumah tangga yang terbuat dari bahan kuningan dan tembaga ternyata bisa mencegah penyebaran bakteri. Permukaan plastik dan stainless steel yang sekarang banyak digunakan di rumah sakit dan rumah tangga, memungkinkan bakteri bertahan hidup dan menyebar ke orang yang memeganganya.

Sementara dari hasil penelitian, para ilmuwan menemukan peralatan yang terbuat dari logam seperti tembaga dan kuningan dapat mencegah resistensi antibiotik pada bakteri. Bahkan jika bakteri mati, DNA yang memberikan mereka resistensi terhadap antibiotik dapat bertahan dan diteruskan ke bakteri lain. Tembaga dan kuningan dianggap membunuh bakteri dan juga menghancurkan DNA ini.

Profesor Bill Keevil, kepala kelompok mikrobiologi di Universitas Southampton, mengatakan, menggunakan tembaga pada permukaan fasilitas di tempat umum dan transportasi umum dapat mengurangi penyebaran bakteri.

“Ada banyak bakteri di tangan kami. Dalam sebuah bangunan atau transportasi massal, permukaan tidak dapat dibersihkan untuk jangka waktu lama. Pada permukaan stainless steel bakteri ini dapat bertahan hidup selama berminggu-minggu, tetapi pada permukaan tembaga mereka mati dalam beberapa menit,” katanya.

Hampir 43.000 orang dalam setahun terinfeksi bakteri.Resistensi antibiotik biasanya terjadi dalam bakteri tunggal yang kemudian berkembang biak dan melewati pada resistensi terhadap bakteri lain di sekitar mereka.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Genetics Bakteri, Profesor Keevil dan rekan-rekannya menemukan bahwa dibandingkan dengan bakteri pada permukaan stainless steel, DNA bakteri terdegradasi pada suhu kamar.

Profesor Keevil menambahkan: “Kita hidup di dunia dengan perlengkapan dari stainless steel dan plastik, tapi mungkin kita harus kembali menggunakan kuningan,” katanya. [mor]

Source : INILAH.COM

By | 2012-12-27T13:26:17+00:00 Desember 27th, 2012|News & Updates|0 Comments

About the Author: